Pendingin CPU Berbasis Logam Cair Pertama di Dunia

Perusahaan Denmark bernama Danamics telah berhasil mengembangkan produk ciptaan pertamanya dan kelihatannya akan menjadi sangat spesial, yaitu LM10. Produk tersebut merupakan sebuah pendingin CPU berbasis logam cair yang mengkombinasikan logam cair dengan sebuah pompa elektromagnet. Benda ini diklaim sebagai pendingin yang terbaik di dunia dan memiliki kemampuan yang melebihi sistem pendingin air.

Kebutuhan akan pendingin pada titik pusat semi-konduktor telah berkembang menjadi suatu keharusan. Beberapa tahun belakangan ini, microchip dengan kekuatan dan kepadatan yang sangat tinggi telah berkembang dengan sangat pesat, dan efeknya adalah peningkatan suhu udara secara drastis pada chip. Selain itu, dorongan untuk menghasilkan pendingin yang berkekuatan baik, namun sejalan dengan semakin mengecilnya ukuran sistem, membuat pengembangan sistem pendingin menjadi sangat sulit. Hal ini menimbulkan sebuah tantangan baru bagi para pengembang sistem pendingin. Untuk itulah, LM10 hadir untuk memenuhi kesemuanya itu.

Pompa elektromagnet telah digunakan selama beberapa dekade dan terlihat pada berbagai macam aplikasi. Mulai dari pesawat luar angkasa dan satelit, kapal perang bertenaga nuklir dan kapal selam, aplikasi lain seperti reaktor nuklir, dan berbagai jenis industri. Dari luar angkasa, laut, darat, dan akhirnya berlabuh pada sistem pendingin PC. Pompa elektromagnet memiliki beberapa kelebihan dibandingkan desain pompa mekanikal lainnya. Ia tidak memiliki bagian yang bergerak, ventilasi, seal, dan lainnya, tidak bersuara atau bergetar, memiliki MTBF yang tidak terbatas, dan kinerjanya tidak habis termakan waktu.

Salah satu kelemahan pompa elektromagnet tipikal adalah ia membutuhkan persyaratan sistem yang tinggi. Walaupun begitu, produk paten Danamics tersebut menggunakan pompa elektromagnet multi-string yang mengeliminasi hambatan di atas dan menghasilkan output yang baik dengan input yang minimum. Karena adanya kebutuhan akan ukuran kecil dan tenaga yang besar, pompa multi-string membuat pendingin logam cair cocok digunakan untuk aplikasi yang kecil seperti PC, workstation, bahkan laptop.

Komponen kunci pada LM10 tetap berada pada logam cair. Zat ini memiliki dua keunggulan utama ketika mendinginkan sumber panas yang padat dan berkekuatan besar. Pertama, ia memiliki kemampuan fisik pendingin yang superior untuk chip. Kedua, bagian elektrik dari logam cair memungkinkan pompa elektromagnet bekerja secara efisien, terpercaya, dan sangat ringan tanpa adanya gerakan dari komponen, ventilasi, seal, dan lain-lain.

Dengan menggunakan kemampuan unik logam cair, LM10 memiliki daya tahan thermal paling rendah dari pendingin udara mana pun di pasar. Kemampuan pendinginnya jauh melebihi pendingin air pada sebuah alat tunggal. Tidak perlu adanya tubuh eksternal, penampung besar, atau radiator, dan sebagainya. Dengan pendingin logam cair, anda bisa memiliki kinerja yang sangat baik, fleksibel, dan kecil. LM10 juga berhasil mendaya gunakan kemampuan pompa elektromagnet secara maksimal dengan logam cair. Produk Danamics ini hanya memerlukan 1W untuk mengalirkan pendingin melalui pompa multi-string.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: