Empat Kesalahan Saat Akan Membeli Sebuah Camera Digital

Anda punya hobi potret memotret? Dan saat ini anda sedang berencana ingin membeli sebuah camera digital, untuk menyalurkan hobi anda tersebut? Ada berbagai faktor yang harus perhatikan ketika akan membeli sebuah camera digital, mulai dari Megapixel sampai kepada yang namanya Zoom. Namun, ada baiknya juga adalah kenali 4 Kesalahan yang seringkali orang lakukan ketika akan membeli sebuah camera digital. Jadi ketika anda akan membeli sebuah camera digital, sebaiknya hindari 4 kesalahan kesalahan tersebut dibawah ini.

1. Membeli sebuah camera tanpa mencobanya terlebih dahulu

Anda telah membaca berbagai review dan ulasan tentang sebuah camera digital, dan anda merasa tertarik untuk membelinya karena tergoda oleh feature-feature yang terdapat di camera digital tersebut. Sebelum anda memutuskan untuk membelinya, sebaiknya anda mencobanya terlebih dahulu. Meskipun anda akan membeli camera digital tersebut secara online, sebaiknya luangkan waktu anda untuk mengunjungi dulu toko-toko khusus yang menjual camera digital. Anda coba dulu camera digital tersebut, mulai dari kenyaman saat anda memegangnya, sampai kepada kemudahan saat mengakses tombol-tombol maupun menu-menu ketika anda memakainya. Soalnya siapa tahu, feature memang oke, tapi pas anda memakainya, tidak ada kenyaman sama sekali. Jangan sampai anda menyesal di kemudian hari.

2. Sesuaikan Kemampuan Anda

Membeli camera digital dengan feature terbaru, terupdate dan high end memang menyenangkan dan membuat anda bisa berbangga hati. Tapi, bila anda hanya seorang fotografi “pemula” atau hanya menggunakan camera digital sekedar untuk membuat foto sehari-hari, anda tidak harus membeli camera kelas berat SLR yang lebih banyak memerlukan pengaturan secara manual. Anda tidak perlu menghabiskan uang anda untuk membeli camera digital dengan feature-feature yang memang tidak anda perlukan. Sesuaikan kemampuan anda, dan fokus pada camera digital yang memang benar-benar sesuai dan cocok untuk kebutuhan anda. Selain itu sebaiknya anda kenali dulu feature-feature yang ada di sebuah camera digital, jangan sampai anda membeli sebuah camera digital, tapi anda tidak bisa menggunakan feature-feature yang ada didalamnya. Mubazir jadinya.

3. Terlalu Terpaku pada Megapixel

Sekali lagi, kesalahan yang paling sering terjadi, ketika orang akan membeli sebuah camera digital yang pertama diperhatikan adalah berapa besar megapixel. Padahal jika anda hanya memerlukan foto-foto untuk blog atau Friendster anda, atau foto-foto untuk dicetak dalam ukuran postcard saja, camera digital dengan 5 megapixel saja sudah lebih dari cukup, tidak perlu anda memaksakan diri membeli yang 12 Megapixel segala.

4. Tertipu oleh Digital Zoom

Saat akan membeli sebuah camera digital, sebaiknya lupakan saja yang namanya Digital Zoom. Feature ini, kurang ada manfaatnya. Penjual mungkin akan menggoda anda dengan besarnya Digital Zoom (50x Digital Zoom, misalnya) sebaiknya anda acuhkan saja, dan lebih baik anda tanyakan berapa besar Optical Zoom-nya. Bila dia menjawab 3x Optical Zoom, maka itulah pembesaran yang sebenarnya yang bisa anda dapatkan untuk mendapatkan sebuah foto dengan kualitas baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: