4 Hal yang Perlu Anda Tahu Soal Mikroprosesor

Bagaimana mendapat klarifikasi seperti ini? “Athlon 64-bit, 3200+, 2.0 GHz, 1 MB L2 cache.”

Dengan tidak sengaja, Anda tahu itu bukan ide yang bagus. Uraian di atas adalah untuk mikroprosesor, yang pada umumnya komponen paling mahal dalam komputer itu. Juga yang paling membingungkan.

Jadi mari kita lihat jika kita dapat menyingkapkan sebagian kabut itu. Di sini ada empat hal yang harus Anda pahami tentang mikroprosesor.

1. Jangan kuatir soal bits. Itu berlaku bagi acuan ” 64-bit” di kalimat pertama itu. Chip Athlon 64 dibuat oleh AMD (Advanced Micro Devices), dan dia sangat vital, tentu saja. Sesungguhnya, itu menjadi sangat vital karena tidak ada perangkat lunak yang bisa dijalankan tanpa chip.

” 64-Bit” mengacu pada potensi kemampuan chip untuk menangani 64 bit data serentak. Chip lain menangani hanya 32 bit. Tetapi tidak ada Versi Windows yang tersedia untuk Athlon 64. Chip ini saat ini menjalankan perangkat lunak karena dapat menelan 32 bit pada saat bersamaan.Ini adalah kependekan chip rangkap. Dia mampu menangani perangkat lunak masa kini dan akan disiapkan untuk masa depan.Apple juga mempunyai 64-bit chip dalam PowerMac G5 nya . Dia menggunakan sistem operasi OS XPanther. Sistem operasi perlu dilengkapi penulisan ulang untuk 64 bit. Chip Apple dapat juga menjalankan software 32-bit dengan mudah.

Jangan sampai salah — 64-bit computing adalah untuk masa depan. Tapi chip 32 bit biasa masih bagus untuk saat ini.

2. Jangan kuatir soal kecepatan jam. Secara tradisional, komputer dijual berdasarkan chip mikroprosesor. Masyarakat secara tidak sengaja memahami bahwa 100 megahertz chip lebih baik dari yang dijalankan pada 66 megahertz. Selama beberapa tahun, Intel dengan kejam mendorong kecepatan.

Tapi kecepatan jam hanya salah satu indikator kualitas. Chips dibuat oleh AMD dan Apple menjalankan kecepatan jam yang lebih rendah. Tapi di banyak kasus, mereka bekerja lebih cepat daripada buatan Intel.

Hal ini karena struktur internal chip sangat penting seperti halnya kecepatan. AMD, Motorola dan IBM (pensuplai chip terkini dari Apple) lebih konsentrasi ke internal. Uji yang dipublikasikan konsisten menunjukkan chip AMD’S sedikit outrunning itu dibanding buatan Intel. Chip Apple juga mengalahkan Intel dalam beberapa tes.

Apakah chip Intel lambat? Tidak. Dari semua fakta mereka sangat bertenaga. Perbedaan antara merek biasanya tidaklah signifikan dalam dunia nyata.

Jadi saat Anda menawar di toko, penjual mungkin memberitahu mesin peralatan Intel berfungsi dengan 3 GHz, sedang mesin AMD hanya menjalankan 2.0 GHz. Mesin AMD mungkin lebih cepat. Dalam kasus ini, chip AMD memiliki designation seperti 3000+. Ini adalah cara AMD menunjukkan chipnya hampir sebanding dengan Intel 3.06 GHz.

3.L2 cache masih penting. L2 berarti “level 2.” Ini adalah bank memori yang ditanamkan di chip atau berlokasi dekat chip. Ini mengandung perintah-perintah. Jika perintah Anda berikutnya berkoresponden dengan salah satu di L2 cache, chip dapat bergerak lebih cepat. Jika tidak, hal itu marus menuju random access memory (RAM), system memori utama. Hal itu butuh waktu yang lebih lama.

Sesungguhnya, makin besar L2 cache , makin banyak perintah yang bisa disimpan disana. Dan lebih banyak perintah yang disimpan, tampaknya chip akan lebih mampu mencari apa yang dibutuhkan.

Chip 32-bit untuk kelas atas dibuat Intel dan AMD memiliki L2 cache 512 kilobytes. Chip 64-bit milik Apple juga 512 kilobytes. Chip AMD 64-bit malah punya 2 kali lipatnya — 1 megabyte.

Jadi apakah L2 cache sangat penting?Jawabannya adalah iya jika Anda mengerahkan kemampuan mikroprosesor. Sebagai contoh, photo dan edit video yang diinginkan. Juga untuk banyaknya permainan.

Tapi jika Anda menjalankan program office biasa dan surfing Web, L2 cache sebetulnya kurang penting. Misalnya Intel Celeron dimana chipnya mempunya L2 cache 128 kB yang berjalan cukup baik.

Mikroprosesor tidak sepenting yang mungkin Anda pikirkan. aren’t as important as you might think. Itu adalah penyamarataan yang sangat besar.Para pembuat game membutuhkan banyak kekuatan seperti halnya editor video. Tapi bila kebanyakan kita bekerja pada dokumen bisnis dan berkutat di sekitar web, kekuatan besar tidaklah perlu.

Boleh dibilang Anda bisa seringkali menemukan chip yang ampuh pada harga yang miting. Mereka adalah mesin yang menjalankan chip [yang] Dikatakan itu, kamu kaleng sering temukan chip kuat AMD Athlon XP. Mikro prosesor ini dapat dibandingkan dengan Intel Pentium 4s, tetapi pada umumnya lebih murah. Sesungguhnya, harga mereka semakin dekat kepada Celeron. Tetapi Athlon XP menjalankan lingkungan sekitar Celeron.

Faktanya ada suatu waktu manakala perangkat lunak benar-benar perlu menggunakan kekuatan mikro prosesor. Peningkatan kecepatan tetap itu diperlukan. Tapi itu bukan kasus hari ini. Mikro prosesor biasanya mempunyai lebih kuat dari peralatan perangkat lunak.

Jika Anda masuk ke kelompok office-document dan Web-surfing kelompok, menjalankan mikroprosesor apa saja bisa. Jika Anda ada dana, simpan chip dan belilah RAM ekstra.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: