Yahoo Zimbra, Akses Email Tanpa Internet

Akses Email tanpa Internet?
Mungkin Anda dapat mewujudkannya dengan open source milik Yahoo, Zimbra. Zimbra merupakan open source messaging dan unit kolaborasi yang ditujukan untuk mengabaikan semua yang berhubungan dengan Microsoft dan yahoo merger talk. Zimbra dapat digunakan untuk testing akses offline, khusus pada YahooMail, Gmail dan aplikasi email web, AOL Mail.

Melihat pengaruh POP (Post Office Protocol), IMAP, dan standard iCal untuk aplikasi calendar, Yahoo Zimbra Desktop Beta 3 didesain untuk memperbolehkan user guna mengakses aplikasi email mereka, dengan pilihan tanpa koneksi Internet (offline). Zimbra berfungsi sebagai aplikasi yang produktif karena dapat membantu perjalanan bisnis seseorang untuk bekerja dengan laptopnya, sebagai contoh ketika berada di pesawat atau di beberapa tempat yang tidak memiliki koneksi Internet.

Selain offline, Zimbra Desktop juga dapat bekerja secara online ke Zimbra Documents, sebuah dokumen dan program spreadsheet yang dapat memudahkan user untuk mengirim foto. Hal ini berarti user dapat membuat dan mengedit dokumen, juga spreadsheet tanpa harus switch untuk memilih antara program desktop atau mengirim attachment email yang berukuran besar terlebih dahulu, karena semuanya dapat dilakukan secara bersamaan. Fitur Zimbra, Zimbra Briefcase dapat untuk memudahkan user dalam upload dan akses spreadsheet, dokumen dan presentasi sehingga user tidak perlu menyimpan semua file attachment tersebut dalam email. Fitur lainnya seperti Zimbra Tasks, yang memudahkan user untuk mengatur project berdasarkan tanggal, prioritas, progress dan persen kelengkapannya.

Yahoo membeli Zimbra pada bulan September 2007, dan dapat didownload secara gratis di situs Zimbra Desktop Beta Version 3 (www.zimbra.com/desktop). Zimbra dapat memadukan aplikasi email ZCS (Zimbra Collaboration Suite), Yahoo Mail, Gmail, AOL Mail atau IMAP/POP server.

Menurut Yahoo, Zimbra sebenarnya dibuat untuk alternative sistem email selain Microsoft Outlook, namun mungkin banyak orang yang lebih memilih Zimbra karena Zimbra lebih terbuka dan bentuk Web 2.0 yang modern. Sementara Google juga telah menyediakan tool Google Docs, yang memiliki rencana sama untuk Gmail dan Google calendar pada tahun ini. Tidak ketinggalan juga dengan Microsoft yang juga meluncurkan Windows Live Mail yang bekerja secara offline.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: