Hape Basah Nggak Perlu Gelisah

Konsentrasi…bayangkan kamu lagi keliling kota pake motor (masih kredit!). Konsentrasi lebih dalam…bayangin cuaca udah mendung banget dan hujan udah turun rintik-rintik! Seratus kali lebih dalam…bayangin kamu nggak bawa tas dan jas hujan sementara dikantong ada hape yang cuma satu-satunya (kredit juga!).

Nah, kebayang kan situasi kayak gitu. Pokoknya tahu-tahu sampai rumah hape udah basah kena air. Pasti kamu panik setengah mati…bingung nggak tahu mau ngapain. Ternyata ada cara sederhana buat mengatasi masalah ini yang kita sebut P3K (Pertolongan Pertama Pada Kehujanan).

Pertolongannya gampang, dan bisa dikerjain sendiri dirumah. Jangan lupa sediain peralatannya seperti hair dryer, kaca pembesar, kuas dan obeng. Kalau hape kamu kena masalah karena kena air, baiknya segera ikuti langkah-langkah berikut.

Pertama, pisahin hape dari batere. Jangan coba-coba matiin atau ngidupin hape waktu basah, pokoknya langsung cabut aja baterenya. Kalau udah misah, segera ikuti langkah berikut (kalau alat-alatnya udah siap). Kalau kamu lagi dijalan dan nggak ada peralatan yang tadi, simpen aja dulu hape dan batere di plastik, setelah di lap pakai kain kering biar nggak terlalu basah.

Setelah siap, bongkar hape kamu sampai ke dalam-dalamnya. Perhatiin cara kamu buka hape biar nggak bingung waktu masangnya lagi. Kalau udah, keringin bagian dalam dengan hairdryer sampai kering benar. Pokoknya kedua sisi PCB harus benar-benar kering.

Kalau yakin udah kering, perhatiin dengan seksama jeroan dalam hape pakai kaca pembesar. Biasanya setelah kena air terus dikeringin bakal ada sisa bercak-bercak putih. kalau ada bercak-bercak, bersihin dengan cara disikatin pakai kuas. Nyikatinnya pelan-pelan aja…jangan terlalu keras. Waktu kamu megang papan PCB ini, pastiin kalau kaki kamu nggak nempel langsung ke lantai…biar aman duduk sila aja di bangku. Ini buat nyegah loncatan listrik aja.

Kalau udah dirasa bersih dan nggak kelihatan lagi bercaknya, hape bisa dipasang lagi. Masih inget kan cara masangnya? Satuin semua bagian sampai jadi hape lagi. Trus coba nyalain. Horeee…hidup lagi deh hapenya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: