Microsoft Ekspansi Software ke Dunia Otomotif

Sementara ini, perusahaan-perusahaan mobil sedang mengkhawatirkan tentang cara untuk meyakinkan para konsumen untuk memperpanjang garansi dan konsumen sendiri juga sedang mencari kendaraan mana yang hemat bensin tetapi tidak terlihat sepeti mainan. Di sini, Microsoft hadir dan memutuskan kalau hal terbaik bagi mobil anda adalah “… search”. Perusahaan raksasa ini telah mengumumkan ekspansi divisi Automotive Business Unit (ABU) yang meliputi pengembangan jasa selain software. Penambahan jenis jasa ini merupakan salah satu bagian dari usaha Microsoft untuk memperluas usahanya, yang kebanyakan masih fokus kepada Windows dan Windows Live. Jasa otomotif yang pertama adalah Live Search for Devices (LS4D), yang memungkinkan rekan kerja untuk mengembangkan aplikasi web search untuk penggunaan dalam mobil.

LSD4 bisa ditambahkan ke dalam teknologi hiburan dan informasi (infotainment) Microsoft yang sudah ada. Para pembuat mobil bisa memilih di antara perintah suara, layar dalam mobil, atau keduanya, untuk memberikan pengemudi akses untuk Live Search di dalam mobil atau kendaraan lainnya. Microsoft memang tidak membuka perusahaan mobil mana yang sudah menggunakan LS4D, tetapi bisa dilihat dari Fiat di Eropa, Ford di Amerika, dan Hyundai-Kia di pasar Asia.

LS4D berhubungan dengan Live Search Engine untuk mengambil daftar dari buku telepon online white pages (tempat tinggal) dan yellow pages (komersil). Hal ini berarti kalau software bisa mengakses lokasi yang terbaru beberapa tempat yang menarik, seperti restoran terdekat, bank, kafe, bioskop, kantor pos, hotel, dan lokasi non-komersil lainnya. Pengguna akhir bisa mengajukan permohonan pencarian melalui aplikasi sekaligus menentukan karakterisktik pencarian melalui LS4D. Hasil pencarian bisa ditambahkan ke dalam pencarian lokasi geografis standar atau lokasi GPS, jika tersedia.

Belum ada jasa lain untuk mobil yang diumumkan oleh Microsoft, tetapi semua jasa Windows Live yang sudah memiliki versi mobile sangatlah mungkin. Sejauh ini, ABU masih fokus kepada software untuk memutar musik dan berkomunikasi via koneksi dengan pemutar musik dan ponsel, tetapi menambahkan beberapa jasa baru bisa membantu Microsoft mengokohkan diri di dalam pasar mobil. Menurut Microsoft, pasar tersebut sangatlah niche. Selain itu, Microsoft juga bersain dengan jasa lain yang bahkan tidak bisa dibandingkan, seperti jasa Onstar dari General Motor, yang menawarkan fitur penelusuran pencurian mobil, yang tampaknya tidak bisa disaingi oleh raksasa software ini.

Banyak perusahaan otomotif sedang berusaha keras bertahan pada saat ini, tetapi Microsoft malah meningkatkan investasi untuk ABU dengan lebih dari 30% fiskal tahun ini. Pada tahun 2009, ABU merencanakan untuk merilis sebuah wadah otomotif terintegrasi yang dibangun berdasarkan produk otomotif milik Microsoft sekarang. LS4D akan tersedia untuk hal-hal tersebut di atas dan perilisan masa depan untuk Microsoft Auto.

Tidak mengejutkan kalau Microsoft menginginkan ekspansi untuk pasar otomotif. Untuk beberapa dekade terakhir, tidak banyak perubahan ekstrim yang terjadi untuk dunia mobil, dan tampaknya industri ini juga masih menunggu seseorang hadir dengan sesuatu yang intuitif. Produk Microsoft ini mungkin menandakan awal dari era revolusi mobil. Walaupun begitu, masih banyak rintangan yang harus dilalui Microsoft terlebih dahulu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: