Diet di Kantor? Kenapa Tidak!

Mengontrol berat badan sama halnya dengan pelajaran matematika. Untuk mengurangi berat badan, kita harus membakar lebih banyak kalori dalam tubuh.

Nah, bila kamu seharian duduk, hampir tidak banyak menggerakkan tubuh ditambah “hobi” mengonsumsi makanan kecil alias ngemil, maka sangat susah bagi kamu untuk membuang kalori dari tubuh. Bisa dibayangkan apa yang bakal terjadi 2-3 tahun ke depan, kan? Nah, agar mimpi buruk itu tak jadi kenyataan, berikut langkah yang patut kamu lakukan selama jam kerja.

1. Cemilan
Banyak orang suka ngemil sambil duduk di depan komputer. Bila kamu merupakan salah satu di antaranya, hati-hati. Sebaiknya bawa buah-buahan dan sayuran segar plus sambal dan saus tomat dari rumah. Disarankan untuk tidak menempatkan cemilan di meja, tetapi simpan di tempat yang tidak terlihat oleh pandangan mata sehingga kamu tak tergoda. Bila strategi tersebut tidak berhasil, bawalah porsi secukupnya.

2. Cukup minum
Dengan makan makanan yang sehat, jangan lupa untuk minum air putih, paling tidak 8 gelas selama kamu di kantor. Tempatkan gelas dan botol aqua yang penuh dengan air segar di meja kerja.

3. Atur makan siang
Atur jam makan siang. kamu dapat makan sebagian makanan untuk makan siang kamu pada jam 11.30, lalu sekitar jam 3 sore bila merasa lapar, dapat menghabiskan makanan siang kamu. Jadwalkan makan siang untuk menghindari makan yang berlebihan. Sangat baik bila kamu dapat membawa makanan untuk makan siang dari rumah karena dengan demikian Akamu dapat mengontrol porsi makan dan mengetahui dengan persis berapa kalori yang sudah kamu konsumsi.

4. Batasi porsi
Dengan menyiapkan porsi makan siang, kamu dapat mengontrol porsi makan. Kamu harus mengetahui ukuran porsi untuk jenis makanan yang disiapkan. Misalnya, satu ons daging kurang lebih sebesar jempol, jari telunjuk dan jari tengah, dua sampai tiga ons kurang lebih sama dengan telapak tangan, dan secangkir sereal atau nasi kurang lebih sama dengan sekepal tangan.

5. Bergerak
Gerakkan tubuh kamu walau hanya beberapa menit. Bangkit dari kursi dan bergeraklah setiap saat kamu dapat melakukannya.

Berikut ini beberapa saran:
– Pergilah makan siang di restoran/kantin yang jaraknya tidak terlalu dekat dari kantor dengan berjalan kaki, jangan mengendarai mobil.

– Bila perlu bicara dengan rekan sekerja, daripada mengirim e-mail atau menelepon, hampiri dia.

– Parkir mobil agak jauh dari pintu masuk.

– Jadwalkan waktu olahraga di kalender seperti kamu menjadwalkan janji dengan klien, yang berarti haruskamu lakukan.

– Letakkan tempat sampah jauh dari meja sehingga kamu perlu berjalan untuk membuang sampah.

– Tempatkan telepon agak jauh dari jangkauan agar pada saat perlu menjawab telepon, kamu bisa sekalian mengendurkan otot tangan atau bahkan harus berdiri agar dapat menjangkaunya.

6. Olahraga
Lakukan gerak badan sebelum mulai dan sesudah selesai bekerja untuk mengimbangi tubuh yang kurang gerakan selama berada di belakang meja kerja. Bila kantor kamu tidak terlalu jauh dari tempat tinggal, sebaiknya berjalan kaki pulang dan pergi ke kantor. Bila tidak memungkinkan, daripada waktu kamu terbuang karena macet, lakukan fitness sepulang kantor dan begitu kamu selesai fitness, jalanan sudah tidak macet lagi dan kamu dapat tiba di rumah pada jam yang sama.

7. Ajak teman sekerja
Ajak teman sekerja untuk bersama-sama melakukan diet. Dengan demikian,kamu dapat saling memberikan dukungan selama jam kerja, bersama-sama makan makanan yang sehat pada jam makan siang, serta melakukan olahraga bersama-sama pada jam istirahat atau sesudah jam kerja.

Kamu dapat mencoba membentuk kelompok olah raga/senam atau kelompok diet. Siapa tahu perusahaan tidak keberatan bila salah satu ruangan dipergunakan untuk senam serta menyediakan perlengkapannya seperti matras, dumber, dan lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: